29 September 2016

Cara Menghadapi Si Tukang Pinjam yang Tidak Tahu Malu (Inspirasi dari Oh My God! Tip)


Kalian pernah gak sih punya temen atau kenalan yang suka pinjam barang-barang kalian, tapi pas diminta balikin eh malah banyak banget alesannya?

Punya? Hmm tenang Anda tidak sendiri. Saya juga pernah menjadi korban hal yang sama ... sekaligus menjadi pelakunya ... sometimesss. Ya Allah ... ampuni Baim ya Allah ... *jadiingetbaim

Menurut kalian nyebelin gak, sih?

Nyebelin kan? Tapi itu pasti kalau kita lagi ada di posisi yang dipinjem barangnya. Bukan sebaliknya.

Kalau kita yang lagi minjem, hehehe pasti yang ada kita bakal buat banyak alasan atau malah berusaha menghindar saat melihat si pemilik. Kebanyakan sih karena lupa bawa atau yang paling parah adalah barang yang dipinjam itu ternyata rusak atau malah hilang!

Itu sungguh TER-LA-LU! *alabanghaji

Padahal bisa jadi saat minta dibalikin, si pemilik sedang butuh banget barang yang dipinjam. Bahkan kalaupun akhirnya dibalikin, pemiliknya mungkin sudah keburu 'berjamur' saking lamanya menunggu untuk dikembalikan.

Itulah mengapa dikatakan ada dua tipe manusia di dunia ini. Yang satu adalah saat meminjam barang dari seseorang dan yang satunya lagi adalah saat mengembalikan barang itu.

Ibaratnya saat meminjam dia tampak seperti kucing yang memohon-mohon pada tuannya agar diberi makan. Tapi saat diminta mengembalikan barang, dia malah menjelma menjadi seekor harimau yang siap menerkam balik. Hahaha 😂 itu cuma perumpamaan kok.

Itu baru barang. Kalau uang yang dipinjam lain lagi dah ceritanya. Biasanya lebih rumit dan sulit lagi nagihnya. Apalagi kalau dalam jumlah yang sangaaaat BESAR. Malah saat ditagih, yang pinjem duit biasanya bisa lebih galak dari yang punya duit. Tapi ini benar-benar bukan hal yang sepele. Karenanya, banyak sekali orang saling membunuh bahkan meskipun itu adalah keluarganya sendiri. Gara-gara DUIT! Bayangkan itu! Gara-gara KERTAS!

Naudzubillah ...


***


Oke, tapi jangan khawatir disini Oh My GodTip punya tips bagus. Bagaimana caranya mencegah atau menghadapi teman atau kenalan yang kita kenal suka tidak tahu malu saat meminjam barang atau uang kita.

Silahkan dibaca. Hehe ... kalau enggak begitu bermanfaat. Setidaknya semoga terhibur aja ya buat yang baca ini selagi kepikiran sama barang atau uangnya yang gak dibalik-balikin. ✌



Source : https://encrypted-tbn1.gstatic.com/
 
Langkah pertama untuk melakukan antisipasi terhadap orang yang terkenal punya riwayat suka tidak pernah mengembalikan barang yang mereka pinjam adalah :


DOKUMENTASI!

Ini adalah cara terevolusi dan paling mutakhir yang bisa kamu lakukan untuk mencegah hadirnya wujud manusia tipe yang menyebalkan.

Saat temanmu meminjam barangmu, segera dokumentasikan lewat kamera barang yang ia pinjam + wajah temanmu. Kalau merasa tidak enak melakukannya secara terang-terangan atau dia menolak, lakukanlah secara terselubung. Misalnya dengan mendadak mengajaknya selfie bareng bersama barang yang ia pinjam. Atau yang agak alay adalah merayunya untuk mencoba foto ala-ala endorse artis.

Mereka tidak mengetahui maksudmu, tetapi ini adalah bukti visual bahwa mereka meminjam barangmu

Di era digital sekarang ini, segala hal selalu menuntut berupa bukti fisik. Karena omongan sudah mulai sulit untuk dipegang alias dipercaya. Dia mungkin saja akan berdalih tidak pernah meminjamnya atau pura-pura lupa. Tapi dengan bukti nyata, dia tidak akan bisa mengelaknya.

Nah, dengan ini kamu jadi punya senjata ampuh untuk memintanya mengembalikan barang yang dipinjam. Yaitu bukti tak terbantahkan. FOTO!

Dari bukti itu bahkan kamu bisa mengingat kapan dan dimana kejadian tersebut terjadi. Beserta jam-nya dan pakaian yang ia pakai hari itu sekali pun.

Ketika waktunya mengembalikan sudah tiba, dan mereka mencoba membuat alasan. Serta masih saja ia tidak mau mengembalikan barang yang dipinjam. Cara kedua yang bisa kamu lakukan, yaitu:



UPLOAD

Kamu sudah punya bukti foto. Tapi dia masih mengelak. Simpel! Upload foto itu di medsos-mu atau gantilah foto profil kamu dengan foto itu! Kalau perlu tambahkan caption atau status yang dapat mengundang teman-temanmu dan orang-orang yang terhubung dengan kalian berdua untuk berkomentar. Dan tulis tanggal pinjam dan pemulangan pada status profil kamu yang terlihat di publik. Jangan lupa menge-tag nama orang yang tidak mau mengembalikan barangmu itu.

Kalau beruntung, orang-orang di medsos-mu tersebutlah yang akan membantu menuntut hakmu lewat komentar-komentar mereka. Jika kamu melakukan ini, kamu tidak perlu susah-susah menghampirinya, karena orang disekitarnya yang akan mengomelinya untukmu.

Atau jika tidak ada yang bereaksi, paling tidak dia akan merasa tidak enak dan tidak nyaman sendiri, karena hal itu telah terpublikasi di ruang publik medsos. Sehingga kemungkinan besar dia akan berusaha untuk segera mengembalikannya untuk menghilangkan rasa ketidaknyamanannya.

Dan cara terakhir.

Ini untuk orang yang mengambil uang atau barang yang dipinjam tersebut. Alias bawa lari alias kabur alias mangkir alias gak sesuai perjanjian pengembalian.

Nah, kalau cara yang terakhir ini dilakukan kalau kita sudah terlanjur pinjamkan barang/uang kita, tapi belum dibalikin juga. Dan pastinya kalian semua juga sudah tahu kalau yang satu ini, yaitu:


LAPORKAN KE POLISI!

Hal ini berlaku untuk barang atau uang pinjaman yang jumlahnya besar. Sekitar kisaran >Rp.10.000.000. Untuk hal ini sebaiknya ada bukti berupa surat perjanjian hutang-piutang yang sah di mata hukum. Maka antisipasi yang dapat dilakukan adalah membuat surat perjanjian sebelum memberikan pinjaman. Sehingga jika suatu saat dia lari, kamu bisa mengajukan tuntutan penipuan ke kantor polisi.


***


Oke, jadi itulah beberapa tips yang saya tulis terinspirasi dari video Oh My God! Tip, guys!

Tips-tips diatas dilakukan apabila cara baik-baik dalam menagih tidak bisa ditempuh. Karena yang bersangkutan tidak tahu malu setelah meminjamnya. Dan resikonya cukup tinggi untuk merusak hubungan antara peminjam dan pemilik atau kreditur dan debitur. Karena manusia pada dasarnya suka tersinggung, jadi kalau Anda berani mencoba menyindir mereka seperti salah satu cara diatas. Itu artinya Anda sudah siap menerima segala akibatnya. Benar-benar tidak disarankan ...

Hahaha ... menurut saya tips diatas khususnya yang kedua benar-benar kocak dan belum pernah saya temui sama sekali. Kalau ada yang berani mencoba, resiko ditanggung masing-masing ya ...

Oke, see you in my next post! ✌



BONUS

3 Tipe orang yang gak tahu malu saat ditagih :

Tipe 1 : Pelawak (Tipe yang ini akan berusaha membuat lelucon saat ditagih). Entah itu ia mendadak berlagak seperti Sarimin untuk mengalihkan perhatianmu, atau malah joget konyol didepanmu bukannya segera balikin. Adakah yang begini?

Tipe 2 : Terkena penyakit alzheimer (Pura-pura lupa saat ditagih). Yang ini bener-bener yang paling menyebalkan. Dia bahkan berlagak lupa kalau dia pernah pinjam barang kita, terlepas dari fakta bahwa ia benar-benar lupa atau cuma pura-pura lupa.

Tipe 3 : Penyelam (yang menghindari kamu). Dia adalah sosok ninja yang bisa menghilang setiap kali hampir bertemu kamu. Hide and seek alias main sembunyi-sembunyian adalah keahliannya.

Sebaiknya jangan ada yang jadi manusia dengan tipe-tipe seperti diatas ya! 😉 Kembalikanlah barang atau uang yang kita pinjam tepat waktu dengan kondisi prima dan utuh. Karena kepercayaan itu adalah hal yang sangat berharga dan bukan sesuatu yang dapat kita beli.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar